Senin, 09 Desember 2013

PANEL LISTRIK

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya tentang panel listrik. Apa lagi orang awam dan orang yang baru bermain dalam dunia listrik. Dalam tulisan pertama saya ini, akan saya bahas mengenai Panel listrik, dari jenisnya serta fungsinya.

Banyak jenis dari panel listrik. di lihat dari segi bahan, ada 2 jenis panel listrik
1. Panel box besi
2. Panel box plastik


Gambar box plastik

Sedangkan jika di lihat dari segi fungsi dan penggunaanya, panel di bagi menjadi beberapa jenis, ada Panel Pompa, Panel Genset, Panel Kapasitor Bank, Panel MDP, Panel SDP, LVMDP. Panel Pompa biasanya di bagi menjadi dua, yaitu Panel Pompa Star-Delta, dan Panel Pompa DOL (Direct On Line). Akan tetapi melihat dari jenis pompa dan kebutuhan di lapangan, panel pompa ini bisa menjadi berbagai macam jenis. tergantung permintaan pada sistem kontrol pompanya.

                                                                 Gambar panel Pompa

                                                                   Gambar Panel MDP


Berikutnya Panel Genset, ada berbagai jenis panel genset. di Indonesia sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, ada Panel ATS (Automatic Transver Switch ), Panel AMF (Automatic Main Failure), dan Panel sincrone. akan tetapi pada perkembanganya , panel genset juga menjadi berbagai macam jenis tergantung permintaan si user, Akan tetapi prinsipnya sama dengan ketiga jenis diatas. Panel ATS sendiri adalah sebagai switch pemindah otomatis antara power main dengan power genset . dimana perpindahan tersebut mempunyai jeda sekian detik untuk menghindari short power. dan juga mempunyai sistem pengunci  (Interlock) .Artinya jika power main sedang menyupaly dan timbul power dari genset kedua power itu tidak akan beradu, karena di utamakan power main yang menyuplai. Dan jika power main hilang, maka akan di suplay oleh power genset secara otomatis. Kemudian fungsi dari panel AMF adalah untuk menghidupkan dan mematikan genset secara otomatis.



                                                           Gambar Panel Capasitor Bank


Panel ATS-AMF
Gambar Panel ATS-AMF

 Itulah tulisan singkat tentang jenis panel dan maksud dari dibuatnya panel listrik, akan tetapimasih banyak lagi panel listrk yang belum saya bahas dalam tuisan kali ini. di lain kesempatan saya akan membahas fungsi dari semua jenis panel yang ada saat ini. semoga tulisan pertama di blog saya ini bisa bermanfaat, serta saya tunggu kritik dan saranya. salam teknik !!!!!!!!!!!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar